Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wartawan Kotawaringin Timur Ditarget 100 Persen Berkompeten di 2018

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 03 September 2018 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) akan menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) tahun ini. Jika terlaksana, ini merupakan kali kedua ujian yang ditetapkan Dewan Pers itu digelar di Kotim.

“Target kita di 2018 ini, 100 persen wartawan di Kotim, khususnya anggota PWI dinyatakan kompeten. Saat ini sudah lebih dari 50 persen yang lulus UKW,” kata Ketua PWI Kotim, Andri Rizky Agustian, Senin (3/9/2018).

Pada pelaksanaan tahun 2011 lalu, PWI Kotim menjadi kabupaten pertama yang melaksanakan ujian itu.

“Wartawan yang ingin dinyatakan kompeten harus ikut UKW. Ini syarat yang ditetapkan dari Dewan Pers. Rencana kita melaksanakan awal September terpaksa mundur karena berbagai hal. Harapan kita UKW bisa terlaksana di Kotim tahun ini,” kata Andri Rizky Agustian.

Dia menambahkan, UKW nanti akan menghadirkan penguji yang ditunjuk langsung PWI Pusat. Selain itu, ada sejumlah mata ujian yang akan diikuti seluruh peserta, yang pada intinya tata cara pengolahan produk pemberitaan sesuai aturan.

“Ada beberapa poin yang menjadi penilaian. Mulai dari hubungan dengan narasumber, cara wawancara, perencanaan pemberitaan, dan kali ini ada tambahan mata ujian baru yaitu Kode Etik Jurnalistik,” tegasnya.

Kode etik jurnalistik ini penting dikuasai wartawan. Karena di dalam situ dijelaskan hak dan kewajiban wartawan dalam mengolah berita, hingga hak objek pemberitaan dalam hal ini narasumber.

“UKW ini sangat selektif. Ujiannya tidak main-main. Satu saja tes yang nilainya kurang dari standar, maka yang bersangkutan dinyatakan tidak lulus. Makanya bagi yang ingin ikut harus benar-benar persiapan. UKW juga salah satu syarat untuk menjadi anggota PWI yang baru,” kata dia.

Pada uji kompetensi ini akan dilaksanakan secara berjenjang, mulai dari tingkat wartawan Muda, Madya, hingga Utama. (MUHAMMAD HAMIM/B-5) 

Berita Terbaru