Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hujan Sudah Turun, BMKG Prediksi Kemarau Masih Menghantui Kotim hingga Akhir September

  • 03 September 2018 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Hujan memang mulai mengguyur sejumlah wilayah di Kabupaten Kotawaringin Timur. Tapi hal itu belum dipastikan sebagai peralihan musim.

Sebab, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara H Asan Sampit, memprediksi musim kemarau masih akan terjadi hingga akhir September 2018.

"Sekarang ini puncak kemarau, walaupun memang hujan terjadi sewaktu-waktu. Kemarau diprediksi hingga akhir September 2018," kata Kepala Stasiun BMKG Bandara H Asan Sampit, Nur Setiawan, Senin (3/9/2018).

Nur Setiawan juga menjelaskan kenapa hujan tetap bisa turun, meski masih musim kemarau.

"Musim kemarau bukan berarti zero rain (tanpa hujan). Mungkin di beberapa daerah masih ada air namun ada juga yag berkurang," ucap Nur Setiawan.

"Di wilayah kalimantan pada umumnya ada potensi penguapan yang cukup tinggi. Terjadi tekanan rendah dan tinggi. Begitu tekanan satunya rendah otomatis tekanan yang tinggi akan mengisi pada tekanan yang rendah, sehingga angin yang bergerak menuju ke tekanan rendah itu membawa uap air yang memicu potensi hujan selama musim kemarau," jelas Nur Setiawan. (EKA YUSSRONA/B-11)

Berita Terbaru