Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kaur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Palangka Raya Miliki 56 Ribu Pelaku UMKM

  • Oleh Testi Priscilla
  • 04 September 2018 - 18:36 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya -Di Palangka Raya ada sekitar 56 ribu pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Hal ini disampaikan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Palangka Raya, Afendie.

"Kita pada bulan November nanti, tepatnya tanggal 10 November akan mengadakan pertemuan akbar 1.000 UMKM. Sementara di Palangka Raya saat ini ada sekitar 56 ribu UMKM. Tapi jumlah itu akan kita data lagi mana yang masih bertahan dan aktif, mana yang sudha vakum atau tutup. Seribu di antaranya nanti akan kita libatkan dalam pertemuan akbar itu," kata Afendie, Selasa (4/9/2018).

Menurut Afendi, pihaknya akan mengundang narasumber dari pusat untuk menjadi pembicara dalam pertemuan tersebut.

"Rencananya kegiatannya dua hari dan kita adakan di Tambun Bungai. Kita harapkan dengan adanya narsumber dari pusat, pelaku UMKM kita di Palangka Raya ini bisa mendapat pengetahuan. Kan itu tujuan kita, bagaimana UMKM kita ini bisa naik kelas, tidak terus menerus menjadi pelaku UMKM tapi bisa berkembang penjadi pengusaha makro, usahanya semakin besar," tambah Afendie.

Karenanya, kegiatan ini nantinya menurut Afendie akan difasilitasi oleh Bank Indonesia karena memang perbankkan harus punya peranan dalam pengembangan UMKM ini.

"Setiap bank kan harusnya punya UMKM binaan, jadi kalau ada kegiatan, kami di dinas hanya mengkoordinatori. Kalau sudah difasilitasi oleh bank hampir bisa dipastikan UMKM ini akan berkembang," tuturnya. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru