Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Buton Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kotawaringin Timur Usulkan Dana Alokasi Khusus Rp5,7 Triliun

  • Oleh Naco
  • 04 September 2018 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Timur (Kotim) mengusulkan dana alokasi khusus (DAK) ke Pemerintah Pusat mencapai Rp5,7 triliun. Usulan itu diajukan melalui sejumlah kementerian terkait.

"Mudah-mudahan DPR RI bisa memenuhi usulan kami yang diajukan melalui kementerian supaya DAK kita tahun ini dapat Rp100 miliar, tahun depan bisa meningkat," kata Sekda Kotim, H Halikinnor, Selasa (4/9/2018).

Setidaknya 2019 menurut dia DAK bisa mencapai Rp1 triliun dari total usulan mereka tersebut. Sehingga mampu mengakomodasi apa yang menjadi kebutuhan utama masyarakat.

"Saat ini yang sudah diverifikasi mencapai Rp1 triliun artinya syarat itu sudah memenuhi. Tinggal persetujuan dan kemampuan pembiayaan APBN kita saja lagi," ucapnya.

Apalagi setidaknya itu bisa disetujui Rp500 miliat saha tentu menurutnya akan sangat membantu sekali dari segi pembiayaam untuk APBD Kotim 2019 mendatang.

"Setengah triliun saja disetujui itu sudah membantu. Mohon doanya dari masyarakat Kotim semoga bisa disetujui oleh pemerintah pusat," pungkasnya.

Dijelaskannya pembiayaan untuk struktur APBD Murni 2019 juga menurut Halikinnor saat ini mereka terus menggali dari sisi pendapatan asli daerah yang selama ini belum tergali secara maksimal.

"Contohnya seperti galian C. Saya sudah sampaikan kepada Dispenda untuk menggali itu secara maksimal," pungkasnya. (NACO/B-5)

Berita Terbaru