Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mukomuko Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Dorong Petani di Desa Natai Raya Kembangkan Jambu Air

  • Oleh Andreansyah
  • 04 September 2018 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun- DPRD Kabupaten Kotawaringin Barat mendorong Pemerintahpetani di Desa Natai Raya, Kecamatan Arut Selatan, pengembangan jambu air. Pasalnya, jambu air memiliki nilai ekonomi yang sangat menjanjikan.

Anggota DPRD Kobar Mustafa Basir mengatakan, seorang petani di Desa Natai Raya telah berhasil mengembangkan jambu air. Bahkan, jambu air hasil budidaya petani itu telah dijual di swalayan dan toko buah di Kota Pangkalan Bun.

"Petani di Desa Natai Raya yang mengembangkan jambu cukup berhasil. Ini harus kita dorong agar dikembangkan dalam skala besar," kata Mustafa Basir, Selasa (4/9/2018).

Menurut dia, ditinjau dari harganya, jambu air menjanjikan nilai ekonomi yang menggiurkan. Yang mana, 1 kilogram (kg) jambu air dihargai Rp25 ribu. Sedangkan dalam satu pohon jambu air mampu menghasilkan 300 kg hingga 500 kg.

"Ini sangat menguntungkan bagi petani. Sekali panen mampu meraup untung yang besar. Selain itu, perawatan jambu air tidak ribet. Sehingga sangat cocok dikembangkan," ujarnya.

Politisi PKB itu juga meminta Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Kobar bisa melihat peluang yang bagus ini. Bahkan, sebisa mungkin Dinas TPHP bisa membantu para petani untuk pendampingan. Agar hasil panen jambu air lebih melimpah.

"Jika ada pendampingan dari Dinas TPHP Kobar kami yakin petani mampu menghasilkan jambu yang berkualitas. Serta hasilnya juga melimpah," tuturnya.

"Yang harus diperhatikan dalam pengembangan jambu air adalah bibit yang benar-benar berkualitas. Sehingga menghasilkan jambu yang bagus dan bisa merambah ke swalayan dan toko buah di Kobar," pungkasnya. (Andreansyah/B-3) 


TAGS:

Berita Terbaru