Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanah Bumbu Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Langkah-Langkah untuk Menangkal Berita Bohong

  • Oleh Testi Priscilla
  • 07 September 2018 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Nenie A Lambung punya langkah-langkah yang bisa ditiru untuk menangkal berita bohong atau hoaks. Berikut kiatnya menurut anggota dewan ini.

"Setidaknya masyarakat dapat melakukan sejumlah langkah dalam menangkal berita hoaks. Pertama, yaitu tidak membagikan berita yang memiliki unsur SARA tanpa mengecek kembali sumber beritanya," kata Nenie, Jumat (7/9/2018).

Kiriman berbau SARA, menurut Nenie, sangatlah sensitif meskipun tujuan membagikan kiriman hanyalah untuk mengingatkan diri sendiri. Tetapi jika yang dibagikan ternyata adalah berita bohong, maka yang terkena bisa jadi adalah diri sendiri.

"Kedua, tanyakan kembali kebenaran berita dengan pihak penyebar berita terhadap kebenaran data tersebut," tambah Politisi PDI Perjuangan ini.

Terakhir, lanjut Nenie, catat sumber berita tersebut. Jika ada berita yang sumbernya sama maka dari sana kita bisa ambil sikap untuk membiarkannya saja.

"Perlu diingat, jika seseorang menyebarkan berita hoaks dapat terkena sanksi sesuai dengan Undang-undang ITE dengan ancaman minimal enam tahun penjara," tandasnya. (TESTI PRISCILLA/B-2)

Berita Terbaru