Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sabu Raijua Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jelang Akhir Masa Jabatan, Banyak Anggota Dewan Malas Hadiri Rapat Paripurna

  • Oleh Naco
  • 07 September 2018 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kinerja anggota DPRD Kotawaringin Timur jelang akhir masa jabatan, menurun. Beberapa kali pelaksanaan rapat paripurna banyak anggota dewan yang tidak hadir. 

Hal ini menandakan ada penurunan kinerja dari sisi kehadiran untuk mengikuti urusan wajib di lembaga tersebut. Terjadinya penurunan semangat ini mengingat masa kerja hanya tersisa sekitar 10 bulan ke depan saja.

Seperti pelaksanaan paripurna  penyampaian jawaban Wakil Bupati Kotim atas pemandangan umum fraksi-fraksi di DPRD Kotim. Selain jadwal yang molor, ternyata karena kurangnya anggota yang hadir menyebabkan tidak kuorum.

Ketua DPRD Kotim, HM Jhon Krisli mengakui bahwa dalam beberapa waktu terakhir ini dirinya merasakan kehadiran anggota kian menurun. Bahkan ia tidak sepakat dengan hal tersebut.

Meski tersisa waktu 10 bulan masa jabatan, bukan berarti jadi alasan untuk malas hadir ke kantor untuk pelaksanaan paripurna. "Saya meminta agar tetap semangat, maksimalkan tingkat kehadiran di sisa waktu yang ada," katanya, Jumat (7/9/2018).

Beberapa anggota dewan menilai kondisi itu sudah keterlaluan, karena mereka sudah digaji besar oleh negara tetapi jarang hadir paripurna. "Harusnya paripurna seperti ini wajib dihadiri. Apalagi ini paripurna berkaitan dengan tahapan menuju pembahasan RAPBD  murni 2019, ini adalah APBD terakhir yang dibahas," pungkasnya.

Tampak dalam paripurna itu terlihat banyak kursi kosong. Bahkan pihak sekretariat DPRD juga sibuk menelepon anggota DPRD supaya bisa hadir untuk mengikuti rapat  paripurna agar kuorum. Kondisi ini hampir sama dengan beberapa hari sebelumnya, saat rapat serupa. (NACO/B-2)

Berita Terbaru