Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sukoharjo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jangan Sampai Lembaga Dewan Dicoreng oleh Perilaku Tidak Disiplin

  • Oleh Naco
  • 07 September 2018 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) HM Jhon Krisli menyebut beberapa waktu terakhir ini kehadiran anggota DPRD Kotim kurang aktif. Ia menyatakan akan mengevaluasi hal tersebut. Dirinya tidak ingin lembaga dewan terus dicoreng dengan perilaku yang tidak disiplin oleh anggotanya. 

Apalagi pada pengajuan raperda APBD dan nota keuangan daerah di kantor dewan itu menurutnya urusan yang sangat penting menyangkut hidup orang banyak.

"Kami tegaskan anggota bisa hadir mulai pembahasan hingga rapat gabungan nanti, itu himbauan dari kami selaku pimpinan," katanya, Jumat (7/9/2018) usai paripurna.

Menurutnya,  pihaknya sudah sering kali mengingatkan akan itu, namun terbentur dengan kewenangan pimpinan DPRD. Semestinya yang banyak berperan aktif untuk urusan disiplin anggota dalam agenda DPRD adalah  Badan Kehormatan .

Persoalan ini menurutnya harus jadi urusan Badan Kehormatan, karena paripurna jadwal sudah dituangkan melalui jadwal Badan Musyawarah, sehingga harus dihargai.

Perilaku anggota yang kerap mangkir di pelaksanaan rapat ini tentunya  sudah terjadi sejak lama. Kenaikan  penghasilan anggota DPRD dari Rp17 juta menjadi Rp34 juta saat ini belum ada dampak yang signifikan. 

Bahkan kinerja belakangan ini dianggap cenderung menurun, banyak pengaduan warga  yang masuk namun tidak ditanggapi melalui forum rapat dengar pendapat. 

Kondisi demikian berbanding terbalik apabila DPRD menggelar kegiatan kunjungan keluar daerah. Sudah dapat dipastikan kalangan yang hadir mencapai 100 persen. (NACO/B-5)

Berita Terbaru