Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kobar Harus Bijak Keluarkan Izin Usaha Ritail Modern

  • Oleh Andreansyah
  • 07 September 2018 - 21:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun- Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) diminta berhati-hati dan bijak dalam mengeluarkan izin usaha retail.

Bahkan, sebelum izin dikeluarkan, Pemkab Kobar hendaknya melakukan kajian terlebih dahulu terhadap perekonomian masyarakat.

"Sebenarnya masuknya investor ke Kobar sangat baik. Karena menggambarkan bahwa Kobar ini daerah yang diperhitungkan dalam pengembangan usaha," ungkap Ketua DPRD Kobar Triyanto, Jumat (7/9/2018).

Hanya, pemkab harus memperhatikan keberlangsungan usaha kecil dan menengah, khususnya pasar tradisional.

Menurut Triyanto, Kobar merupakan daerah yang sedang berkembang. Investor juga menilai Kobar sebagai daerah yang kondusif untuk menanamkan investasi.

Namun, kembali lagi dia mengingatkan supaya Pemkab Kobar selektif dalam memberikan izin usaha. Karena kehadiran investor seyogianya untuk turut membantu meningkatkan perekonomian masyarakat, bukan justru mematikannya.

Triyanto mengaku khawatir kehadiran retail modern bisa mematikan toko kecil dan pasar tradisional.

"Berkaitan dengan ijin usaha retail ini ada yang harus diperhatikan oleh kita semua yakni dengan adanya pasar tradisional. Keberadaan pasar tradisional inilah yang harus kita lindungi agar bisa terus berkembang," tuturnya. (Andreansyah/B-3) 

Berita Terbaru