Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Gunung Sitoli Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polsek Dusun Selatan Ajak Masyarakat Tidak Bakar Lahan

  • Oleh Uriutu
  • 08 September 2018 - 10:38 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Guna mencegah Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Polsek Dusun Selatan mengajak masyarakat tidak membakar lahan.

Demikian disampaikan Kapolsek Dusun Selatan IPDA Abi Karsa saat menggelar sosialisasi Karhutla ke desa Tetei Lanan dan Sababilah, Sabtu (8/9/2018).

Sebelumnya, pihaknya juga telah melaksanakan sosialisasi pencegahan karhutla didesa paraparak, Pamait dan sekitarnya.

“Bermacam-macam cara yang kita lakukan untuk mengantisipasi Karhutla. Yakni terus menerus bersosialisasi kepada masyarakat,” kata Kapolsek.

Ia mengatakan, tak hanya itu pihaknya juga memasang spanduk yang berisikan larangan membakar hutan dan lahan serta sanksi pidanannya. 

Sosialisasi ini, lanjut dia, salah satu upaya untuk mencegah karhutla. Pencegahan juga dilakukan dengan cara preemtif (sosialisasi), preventif (pencegahan) serta represif (penegakan hukum).

Hal ini, lanjut dia, untuk meningkatkan kesadaran warga dalam menghadapi musim kemarau agar semua lapisan warga masyarakat  kahususnya warga Desa bisa mencegah terjadinya kebakaran hutan. 

“Membakar hutan dan lahan merupakan tindak kejahatan sebab bisa menimbulkan dampak kerusakan lingkungan hidup, terganggunya kesehatan dan aktivitas masyarakat,” ucap dia.

Oleh karena itu, pihaknya pun mengimbau jika hendak membuka lahan jangan dengan cara membakar. Karena bisa mengakibatkan bencana kabut asap serta mengganggu kesehatan. (URIUTU DJAPER/B-5)

Berita Terbaru