Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Samosir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Kemampuan Dua Helikopter Water Bomber dari Bandara Palangka Raya

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 10 September 2018 - 21:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Tertulis di badan helikopter ini 'Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB)' dalam lingkaran dengan segitiga berwarna biru tepat di tengahnya.

Ya, karena dua heli ini disewa oleh BNPB selama masa siaga darurat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di sejumlah daerah di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Kapten Irvan, penanggungjawab di darat operasional Water Bombing (WB), saat ditemui Borneonews di Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya, mengatakan, ada dua helikopter yang disiagakan di Palangka Raya, dengan kemampuan berbeda. Empat heli lainnya siaga di dua kota di Kalteng.

“Satu berjenis MI dengan kemampuan angkut air untuk WB seberat 4.000 liter sedangkan satu jenis Kamov dengan kemampuan 5.000 liter sekali angkut,” terang Irvan, Senin (10/9/2018).

Ia mempersiapkan keberangkatan, dimana setiap hari ada dua trip, pagi dan siang, namun tetap tergantung cuaca. Pagi sekitar pukul 09.00-12.00 WIB dan sore pukul 14.00-16.00 WIB.

Pagi tadi, Kamov mengudara lebih dulu sekitar pukul 09.00 WIB. Kemudian disusul MI yang mengudara sekitar pukul 10.00 WIB. MI menuju Dadahup, Kapuas, yang dilaporkan sedang ada karhutla. (ROZIQIN/B-2)

Berita Terbaru