Aplikasi Software Pilkada Terbaik di Indonesia

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kementerian Pariwisata dan Kotawaringin Barat Rapat Koordinasi Tingkatkan Potensi Wisata KSPN Tanjung Puting

  • Oleh Wahyu Krida
  • 12 September 2018 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Guna meningkatkan potensi wisata di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Tanjung Puting, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dan Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar rapat koordinasi dengan dinas terkait di Kabupaten Kobar, Rabu (12/9/2018).

Dalam rapat tersebut dari pihak Kemenpar diwakili Asisten Deputy (Asdep) Regional II wilayah IV B Kalimantan yaitu Kalbar - Kalteng Widarko, Kadispar Kobar Wahyudi, Kadishub Hermon F Lion, para pelaku pariwisata Kobar yang tergabung dalam organiasi profesi wisata , Balai TNTP, aktivis lingkungan hingga Kepala Desa (Kades) yang wilayahnya dianggap berpotensi wisata.

Menurut Widarko, dalam rapat koordinasi ini pihaknya sengaja menggandeng stake holder terkait seperti PUPR Kobar, Dishub Kobar serta dinas lain yang mempunyai  fungsi pemasaran.

 "Koordinasi ini bertujuan agar KSPN Tanjung Puting dapat mengalami peningkatan wisatawan, namun tidak berdampak pada pelestarian alam dan konservasi lingkungan, contohnya terjadi penumpukan wisatawan di TNTP," jelas Widarko.

Untuk itulah Kemenpar berharap agar di Kabupaten Kobar telah siap beberapa desa dan lokasi destinasi wisata sebagai penguat TNTP.

"Diharapkan pada destinasi wisata tersebut, masyarakat bisa terlibat dalam pelaku wisata serta adanya iven wisata yang terjadwalkan dengan baik, sehingga iven tersebut bisa dipromosikam dari tingkat lokal hingga nasional," jelas Widarko.

Ditempat yang sama, Kadispar Kobar Wahyudi mengatakan bahwa sebagai tindak lanjut rapat koordinsi ini pihaknya akan melakukan pemetaan dalan hal Atraksi, Aksesibilitas serya Amenitas (fasilitas diluar akomodasi) (A3) KSPN.

"Juga dilakukan pendalaman masalah sumber daya manusia, harga dan branding dari produk wisata. Saat ini semua itu sedang dipertakan dan harapan kita bisa memperoleh dukungan secara luas agar destinsi wisata di Kabupaten Kobar juga memgalami kemajuan seperti daerah lain," jelas Wahyudi.

Agar peningkatan potensi wisata tersebut bisa terwujud, lanjut Wahyudi, setelah ada hasil riset dari Kemenpar, pihaknya juga minta bantuan dari berbagai stakeholder di Kobar untuk membantu melengkapi data potensi wisata Kobar dan pendukungnya.

"Artinya jangan sampai kita punya potensi wisata dan data namun tidak terekam. Contohnya kita memiliki lokasi indah yang memiliki potensi wisata, namun data pendukung dan foto-foto lokasinya tidak ada," jelas Wahyudi. (WAHYU KRIDA/B-5)

Berita Terbaru