Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Katingan Terpilih Diharapkan Buka Keterisolasian Daerah Hilir

  • Oleh Abdul Gofur
  • 12 September 2018 - 16:36 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Bupati Katingan terpilih yang rencananya bakal dilantik 20 September 2018 mendatang diharapkan bisa membuka keterisolasian sebagian wilayah Hilir.

Sejak 16 tahun Katingan berdiri sebagai kabupaten definitif hasil pemekaran dari Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), masih ada sejumlah wilayah kecamatan yang belum bisa diakses melalui jalur darat. Misalnya Kecamatan Mendawai dan Kecamatan Katingan Kuala yang berada di Selatan atau Hilir Katingan.

"Harapan kita selaku warga masyarakat ingin daerah kita ini segera bisa diakses jalur darat dari Pagatan menuju Kasongan," harap Anang, warga Pagatan Kecamatan Katingan Kuala, Rabu (12/9/2018).

Untuk itu, Anang dan warga lainnya berharap kepada bupati dan wakil bupati Katingan terpilih, Sakariyas - Sunardi Litang bisa memperjuangkan untuk membuka keterisolasian warga Pagatan itu.

Sejauh kata, kata Anang warga wilayah Kecamatan Katingan Kuala dan Kecamatan Mendawai jika ingin nepergian ke Kasongan atau Sampit maupun daerah lainnya mengandalkan transportasi sungai atau laut. Jika musim kemarau ongkos warga yang bepergian itu lebih mahal dibanding biasanya. Pasalnya, Kerukan Hantipan yang biasa digunakan transportasi warga dangkal. Sehingga harus diumbal dengan kelotok yang lebih kecil.

"Yang jelas waktu kepemimpinan lima tahun akan datang kalau memang bupati dan wakil bupati terpilih benar-benar dapat memperjuangkan membuka keterisolasian warga dengan membangun jalan darat menuju Kasongan, itu tidaklah sulit karena anggaran APBD setiap tahunnya kan cukup banyak," katanya.

Namun jika tidak serius maka warga wilayah hilir Katingan seperti Mendawai dan Katingan Kuala akan tetap terisolasi kedepannya. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru