Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kalimantan Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kondisi Tanah Barito Timur Cocok Untuk Perkebunan Sawit

  • Oleh Prasojo Eko Aprianto
  • 12 September 2018 - 18:46 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang- Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur terus memberikan pendampingan kepada masyarakat yang menjadi petani perkebunan kelapa sawit.

Pasalnya, kondisi tanah Barito Timur dinilai cocok untuk ditanami sawit dan diyakini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur Riza Rahmadi mengatakan, perkebunan sawit sangat potensial dikembangkan oleh para petani. Untuk itu, pihaknya telah melakukan pendampingan kepada kelompok tani perkebunan sawit.

"Perkebunan sawit sangat berpotensi dikembangkan dan selama ini dinas teknis telah melakukan pendampingan secara berkelompok," katanya, Rabu (12/9/2018).

Dijelaskannya pula, pihaknya turut memfasilitasi sarana dan prasarana untuk perkebunan sawit. Seperti yang dilakukan kepada empat kelompok tani sawit di Kecamatan Krusen Janang.

"Secara khusus wilayah yang baik untuk dikembangkan perkebunan sawit di Kabupaten Barito Timur berada di wilayah Kecamatan Paju Epat," timpalnya.

Riza juga menambahkan, walaupun potensi pengembangan perkebunan kelapa sawit sangat menjanjikan, pihaknya tetap memprioritaskan pengembangan perkebunan karet. Sebab komoditi ini sudah lama menjadi andalan para petani di Kabupaten Barito Timur. (PRASOJO EKO APRIANTO/B-3)

Berita Terbaru