Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Batam Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Langkah Dinas Kesehatan Kapuas Tangani Kasus Diduga Campak dan Rubella

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 13 September 2018 - 14:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas mengambil beberapa langkah terkait kasus yang diduga campak dan rubella agar tidak menyebar. Meskipun saat ini masih menunggu hasil tes darah korban dan sudah ditetapkan KLB campak klinis.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, Apendi. Pihaknya telah mengambil langkah dalam penanganan kasus ini dan telah melakukan pengobatan intensif untuk para korban.

"Kemudian juga melakukan pelacakan kasus baru dan juga terus memberikan penyuluhan kepada masyarakat agar mengikutkan anaknya dalam program Kampanye Imunisasi Measles Rubella (MR) yang saat ini masih berlangsung," ucap Apendi, Kamis (13/9/2018).

Dia juga menyebutkan, penyakit tersebut memiliki efek yang berat yakni diantaranya bisa menyebabkan anak menjadi cacat, lumpuh, bisu, tuli dan lainnya saat ibu hamil tertular.

"Ciri-ciri penyakit ini dimulai dari tubuh demam, kemudian bisa dibarengi batuk filek, mata merah dan muncul ruam-ruam merah atau yang biasa disebut orang seperti kerumut," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-2)

Berita Terbaru