Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Desa Diminta Bangun Poskesdes

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 13 September 2018 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Setiap kepala desa di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) diminta menganggarkan untuk membangun pos kesehatan desa (Poskesdes). Ini guna memberikan pelayanan maksimal terhadap masyarakat di desa.

"Saat ini masih ada desa yang belum memiliki Poskesdes, sehinga diharapkan kepala desa bisa menganggarkan untuk pembangunan Poskesdes tersebut," pesan Kepala Dinas Kesehatan Kotim Faisal Novendra Cahyanto, Rabu (12/9/2018).

Poskesdes perlu di pedesaan, karena upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat tersebut berfungsi sebagai wadah bagi kesehatan masyarakat desa. Sehingga dengan keberadaan tersebut, maka dapat melayani segala keluhan masyarakat mengenai kesehatan desa sebelum penanganan lebih lanjut ke puskesmas lalu ke rumah sakit.

Poskesdes juga berperan penting terhadap tingkat kesadaran masyarakat mengenai kesehatan, yang mana untuk mencegah dan mengatasi masalah kesehatan, bencana, dan kegawat daruratan secara mandiri.

"Jadi Poskesdes ini sangat penting berada di pedesaan, karena merupakan kebutuhan masyarakat dalam pelayanan kesehatan," terang Faisal.  (MUHAMMAD HAMIM/B-5) 

Berita Terbaru