Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Aru Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Ajak Masyarakat Optimalkan Pengasuhan 1.000 Hari Pertama Kehidupan

  • Oleh Prasojo Eko Aprianto
  • 13 September 2018 - 20:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang- Pemerintah Kabupaten Barito Timur mengadakan Sosialisasi Optimalisasi Penyiapan Generasi Emas melalui 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).

Sosialisasi yang digelar di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Timur, Kamis (13/9/2018), bertujuan untuk menanggulangi kasus stunting.

Stunting ialah kondisi di mana seorang anak memiliki tinggi badan lebih rendah dari standard usianya.

Asisten II Setda Barito Timur Yuliantara yang membuka sosialisasi, dalam sambutannya, mengatakan bahwa ada beberapa cara untuk menurunkan angka stunting. Di antaranya dengan mengoptimalkan fungsi posyandu dan penyiapan generasi emas.

“Penguatan fungsi posyandu adalah bagaimana mendeteksi kehamilan dari si ibu. Karena stunting ini adalah menekan dari usia 0 tahun. Artinya dalam kandungan sampai usia 2 tahun. Posyandu memiliki peran yang cukup penting di masyarakat yaitu untuk mendeteksi kalau memang ada kelainan pada kehamilan atau memantau kesehatan dari si ibu hamil,” ujarnya.

Ia juga mengajak seluruh satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) terkait, tokoh agama, tokoh masyarakat, organisasi masyarakat, PKK, dan lainnya, berperan aktif dalam mendukung upaya peningkatan SDM di Kabupaten Barito Timur.

"1.000 HPK juga disebut sebagai periode emas. Pada periode ini terjadi pertumbuhan otak yang sangat pesat mendukung seluruh proses pertumbuhan kembang anak secara sempurna," pungkasnya. (PRASOJO EKO APRIANTO/B-3)

Berita Terbaru