Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kampanyekan Gerakan Masyarakat Sehat di Barsel Expo

  • Oleh Uriutu
  • 15 September 2018 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Bupati Barito Selatan Eddy Raya Samsuri mengampanyekan atau mengajak masyarakat melakukan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) pada pagelaran Barsel Expo 2018, Jumat (14/9/2018) sore.

Ia mengatakan, Germas wajib dilaksanakan karena berdasarkan data pergeseran pola penyakit penyebab kematian tertinggi di Indonesia oleh penyakit menular pada era tahun 90-an.

Namun, lanjut dia, sejak tahun 2010 terjadi perubahan penyebab kematian dan kesakitan tertinggi disebabkan oleh penyakit tidak menular (PTM), seperti jantung, stroke, dan diabetes. “Hal itu disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat,” kata Eddy Raya Samsuri kepada Borneonews.

Ia membeberkan, Germas merupakan perintah wajib dari Presiden RI kepada seluruh komponen bangsa yang dituangkan dalam Instruksi Presiden No 1/2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

Ia pun menjelaskan, intinya tujuan dari Germas yakni mengajak seluruh masyarakat, khususnya di Barito Selatan untuk membudayakan hidup sehat.

Hal itu, lanjut dia, agar mampu  mengubah kebiasaan perilaku tidak sehat, salah satunya melalui tiga kegiatan utama. Yakni melakukan aktivitas fisik atau berolahraga minimal 30 menit tiga kali dalam seminggu.

Mengosumsi sayur dan buah setiap hari dan rajin memeriksa kesehatan atau cek kesehatan secara rutin minimal 6 kali dalam sebulan. (URIUTU DJAPER/B-2)

Berita Terbaru