Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Majene Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Capaian Vaksin MR Barito Utara Baru 40 Persen

  • Oleh Ramadani
  • 15 September 2018 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Banyaknya keraguan para orangtua di Barito Utara (Barut) mevaksin Measles dan Rubella (MR) terhadap anak mereka membuat capaian vaksin campak dan rubella tersebut masih rendah, yakni baru mencapai 40 persen.

Plt Kepala Dinas Kesehatan H Siswandoyo melalui Kepala Bidang pencegahan dan pengendalian penyakit (P2P) Nurman, target yang diharapkan Pemerintah Pusat untuk capaian vaksin MR di Barito Utara 80 persen.

“Namun masyarakat masih takut memaksin anaknya membuat capaian terget vaksin MR masih rendah. Padahal MUI dan NU juga telah mendukung dan menyarankan untuk memberian vaksin MR kepada anak-anak,” kata Nurman, Sabtu (15/9/2018).

Menurut Nurmab, ada beberapa ciri penyaikit campak dan rubella seperti demam tinggi, bintik merah dikulit, batuk pilek, nyeri-nyeri pada seluruh badan. Selain itu, juga dapat menyebabkan sesak nafas hingga kematian.

“Namun Rubella ini akan berakibat parah kepada ibu hamil yang dapat menyebabkan terjadinya keguguran dan kecatatan pada bayi. Karena ibu hamil tidak memiliki kekebalan terhadap virus Rubella,” jelasnya.

Dia mengharapkan, kesadaran masyarakat memberikan vaksin MR lebih meningkat. (RAMADHANI/B-5)

Berita Terbaru