Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bengkulu Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemadaman Karhutla Via Udara di Kapuas Terus Berlangsung

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 16 September 2018 - 15:02 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Kapuas Masih terjadi. Terutama di Kecamatan Mantangai, Kapuas Murung, dan Dadahup.

Titik api di tiga kecamatan itu sulit dijangkau via darat. Sehingga, proses pemadaman dilakukan via udara yang terus berlangsung, hingga Minggu (16/9/2018) siang.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas, Panahatan Sinaga mengatakan, selain jalur udara, ada juga tim satgas darat melakukan pemadaman.

"Untuk di Kecamatan Mantangai, ada di Desa Lamunti luasan lahan yang terbakar sekitar 30 hektare. Ada 23 kali water bombing, sebanyak 115 ribu liter air. Saat ini, sebagian sudah padam," kata Panahatan Sinaga.

Sedangkan, di Kecamatan Kapuas Murung luasan lahan yang terbakar sekitar 40 hektare, dengan jumlah water bombing sebanyak 13 kali, volume 65.000 liter air.


"Di Kecamatan Dadahup juga pemadaman jalur udara. Lahan yang terbakar sekitar 10 hektare," kata dia.

Dia berharap, upaya-upaya tersebut dapat mengurangi titik api dan memadamkan api. Meskipun sampai dengan saat ini belum sepenuhnya bisa dipadamkan.

"Masih dilakukan pemadaman, karena cuaca cukup panas. Hari ini, di tiga kecamatan sudah dilakukan water bombing," jelas Kepala Pelaksana BPBD Kapuas. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru