Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Begini Sulitnya Padamkan Api di Lahan Gambut

  • Oleh Budi Yulianto
  • 16 September 2018 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya- Proses pemadaman kebakaran di lahan gambut tidak semudah yang dibayangkan. Petugas pemadam kebakaran perlu waktu beberapa menit menyemprotkan air ke titik yang masih mengeluarkan kepulan asap. Hal itu untuk memastikan api yang sudah menggerogoti lahan gambut benar-benar padam. 

Seperti yang terjadi di Jalan Tjilik Riwut, Km 9, Kota Palangka Raya, Minggu (16/9/2018). Meski api sudah tidak berkobar, petugas tetap menyirami sejumlah titik yang masih mengeluarkan kepulan asap. 

Petugas sedikit terbantu lantaran sumber air di kawasan tersebut tidak begitu sulit di dapat. Petugaspun segera memadamkan api. Namun, akan terasa sulit jika sumber air jauh dari lokasi kebakaran. 

Oleh sebab itu, masyarakat diimbau untuk tidak membakar lahan. Termasuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

Sementara itu, dari informasi yang diperoleh borneonews.co.id, kebakaran lahan juga terjadi di Jalan G Obos XIV, Palangka Raya. 

Peristiwa itu membuat petugas pemadam kebakaran kembali turun ke lapangan. Petugas tetap berusaha melawan api meski akses menuju titik kebakaran cukup sulit. (BUDI YULIANTO/B-3)

Berita Terbaru