Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tapanuli Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Kesehatan Diminta Gencarkan Pencegahan Penularan Penyakit Rubella

  • Oleh Testi Priscilla
  • 17 September 2018 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Mukarramah mengatakan bahwa pihaknya sangat berharap agar penyakit Measles-Rubella tidak sampai masuk ke Kota Palangka Raya.

Oleh karena itu, kata dia, Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya melalui Dinas Kesehatan harus melakukan pencegahan sedini mungkin.

"Kapuas kan terhitung dekat dengan Palangka Raya dan di sana saya dengar kabarnya sudah menetapkan status kejadian luar biasa (KLB). Jangan sampai virus dari Kapuas atau daerah lainnya sempat masuk ke Palangka Raya. Harus ada upaya dinas terkait untuk mencegah penyebaran penyakit itu hingga ke Palangka Raya," tegas Mukarramah, Senin (17/9/2018).

Politisi Nasdem ini menegaskan kepada pemerintah untuk lebih menggencarkan sosialisasi kepada masyarakat. Bisa melalui media cetak dan elektronik maupun penggunaan media sosial yang dapat menjangkau lebih luas lapisan masyarakat.

"Bekerja samalah dengan masyarakat melalui sosialisasi di sekolah-sekolah, posyandu, serta organisasi kemasyarakatan lainnya tentang bahaya penyakit Measles-Rubella ini dan bagaimana tindak pencegahannya, salah satunya dengan melakukan vaksin dan imunisasi," tambahnya.

Mukarramah juga berpesan kepada masyarakat agar membawa anaknya ke pusat kesehatan terdekat untuk menerima vaksin MR ini dan jangan menolak petugas yang datang ke sekolah-sekolah memberikan vaksin.

"Ini untuk masa dengan anak-anak kita. Masalah itu yang katanya ada unsur ini itu, pihak yang berkompeten di tingkat pusat sudah memutuskan ini dan memperbolehkan ini dengan berbagai pertimbangan. Bekerja samalah dengan petugas kesehatan," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/m)

Berita Terbaru