Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bandar Lampung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kelompok Tani Tenera Berhasil Dapat Sertifikat RSPO Pertama di Katingan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 18 September 2018 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Kelompok tani Tenere Desa Hampalit, Kecamatan Katingan Hilir, Kabupaten Katingan, berhasil mendapatkan sertifikat Roundtable Of Sustainable Palm Oil (RSPO).

Penyerahan sertifikat RSPO ini berlangsung di kebun kelapa sawit kelompok tani Tenere Desa Hampalit, Selasa (18/9/2018).

Direktur RSPO Indonesia, Tiur Rumondang menyerahkan sertifikat RSPO itu kepada Ketua Kelompok Tani Tenere, Sugiyarno.

Acara penyerahan sertifikat RSPO kepada Kelompok Tani Tenere ini, juga dihadiri Comersial Direktur BGA Group Johan Puspowidjono, kemudian Direktur Sustainable Grop BGA Hadi Fauzan, Kabid Perkebunan dan Peternakan Dinas Pertanian Katingan Herlisilo, Plt Kepala Desa Hampalit Yuskiman dan sejumlah kelompok tani baik dari wilayah Katingan dari wilayah Kotim.

"Sertfikasi perkebunan kelapa sawi berkelanjutan merupakan tuntutan pasar global dalam bidang perkelapasawitan, dan hal ini sejalan salah satu kebijakan keberlanjutan Bumitama Gunajaya Agro (BGA) yang tertuang dalam sustainability policy," ujar Comersial Direktur BGA Grop Johan Puspowidjono.

Sugiarno selaku Ketua Kelompok Tani Tenere Desa Hampalit beserta 32 anggotanya merasa bersyukur atas keberhasilan kelompoknya mendapatkan sertifikat di atas total lahan hak milik seluas 223 hektar itu.

"Kami bersyukur dan gembira atas sertifikat ini sebagai bukti bahwa kami telah menjalankan kaidah sustainability yang akan menjamin usaha budidaya sawit kelompok tani akan semakin baik dan menguntungkan serta berkelanjutan sehingga dapat diwariskan ke anak cucu," ujar Sugiarno.

Direktur RSPO Indonesia, Tiur Rumondang mengatakan bahwa di wilayah Kabupaten Katingan sejauh ini baru ada satu kelompok tani yang telah mendapatkan sertifikat RSPO itu.

"Kalau se Kalimantan itu baru ada dua kelompok tani, pertama Kelompok Tani Subur Desa Pangkalan Lada Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) dan kedua Kelompok Tani Tenere di Kabupaten Katingan ini," sebutnya. (ABDUL GOFUR/m)


TAGS:

Berita Terbaru