Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ogan Ilir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cerita Danrem Panju Panjung Soal Beratnya Upaya Pemadaman Karhutla

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 19 September 2018 - 00:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya –  Operasi pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kalimantan Tengah (Kalteng) dilangsungkan semaksimal mungkin dan tak kenal lelah.

Aparat pun harus siap dievaluasi jika terjadi karhutla secara sporadis dan memunculkan kabut asap.

Komandan Korem (Danrem) 102/Pjg, Kolonel Inf Harnoto pun mengungkapkan, saat ini satuan tugas (satgas) darat dan udara saling bekerja dan saling melengkapi kekurangan satu sama lain, guna melaksanakan operasi pemadaman yang efektif.

“Penanganan tetap dilaksanakan semaksimal mungkin, tak kenal lelah. Bahkan penanganan beberapa hari ini cukup menyita tenaga dan waktu, ada yang berlangsung sampai malam. Di Palangka Raya kemarin sempat berlangsung sampai jam 2 dini hari,” kata Harnoto.

Meski sudah berjibaku dengan karhutla dan dibantu dengan operasi udara dengan tujuh unit helikopter, Harnoto menegaskan kesiap-siagaan harus terus ditingkatkan.


“Satgas darat dan udara sudah saling melengkapi, akan tetapi karena potensi pembakaran dan terjadinya kebakaran yang masih besar, maka harus ditingkatkan terus,” sambungnya.

Untuk kegiatan pencegahan tetap, Satgas Karhutla Provinsi yang dipimpin Danrem 102/Pjg melaksanakan bersama jajaran BPBD, dinas terkait, peran swasta dan satgas-satgas yang tergabung dalam penanganan Karhutla.

“Kita terus imbau agar masyarakat tidak sembarangan membakar lahan. Karena dampak yang ditimbulkan merugikan banyak pihak. Sosialisasi dilakukan langsung ke kecamatan, desa, dusun dan langsung ke rumah-rumah, baik dengan dialog langsung maupun melalui pamflet,” imbuh Harnoto.

Terpisah, Kapolda Kalteng Irjen Anang Revandoko juga dititip pesan oleh Presiden Joko Widodo agar menjaga keamanan di Kalteng, supaya benar-benar konsentrasi dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan. (ROZIQIN/B-11)

Berita Terbaru