Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Semarang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Tujuh Prioritas Operasi Mantap Brata 2019

  • Oleh Prasojo Eko Aprianto
  • 19 September 2018 - 15:46 WIB

BORNEOMEWS, Tamiang Layang- Menjelang pemilu legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres), jajaran Polres Barito Timur mengadakan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata, Rabu (19/9/2018).

Kapolres Barito Timur AKBP Wahid Kurniawan yang menjadi inspektur upacara pada apel itu, membacakan amanat Kapolri Jendral Tito Karnavian.

Dalam amanatnya, Kapolri menyampaikan bahwa Operasi Mantap Brata 2019 memprioritaskan tujuh hal.

Pertama, memperkuat soliditas dan sinergisitas antara TNI dan Polri guna mewujudkan pemilu yang aman, lancar, dan damai.

Kedua, menjaga netralitas Polri dan TNI, serta menghindari tindakan yang dapat mencederai netralitas TNI dan Polri dalam penyelenggaraan setiap tahapan pemilu.

Ketiga, mengedepankan langkah proaktif dengan mengoptimalkan deteksi dini guna mengetahui dinamika yang berkembang untuk selanjutnya dilaksanakan upaya pencegahan dan penanganan secara dini.

Keempat, mendorong seluruh elemen KPU, Bawaslu, caleg, parpol dan masa pendukung, pemda, media, tokoh masyarakat, serta pengawas pemilu independen untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diemban sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Kelima, gelorakan deklarasi pemilu damai di masing-masing wilayah dengan mengikutsertakan elemen-elemen yang terlibat dalam penyelenggaraan pemilu.

Keenam, kepolisian di era demokrasi juga diwujudkan dengan adanya jaminan keamanan dalam penyelenggaraan berbagai agenda demokrasi. Seperti penyampaian pendapat di muka umum, kemerdekaan berserikat dan berkumpul, serta jaminan keamanan dalam penyelenggaraan pemilihan langsung 

Ketujuh, mengajak masyarakat memilih anggota legislatif serta presiden dan wakil presiden.

Berita Terbaru