Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Setoran Pajak Alokasi Dana Desa dan Dana Desa di Barito Selatan Hampir 100 Persen

  • Oleh Uriutu
  • 19 September 2018 - 17:36 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Buntok mengapresiasi setoran pajak Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) hampir 100 persen.

“Berdasarkan data setoran pajak dari desa-desa atas penggunaan ADD (alokasi dana desa) dan DD (dana desa) sampai pertengahan September 2018 ini hampir 100 persen telah menyetorkan pajaknya,” kata kepala KP2KP Buntok, Widanarko, Rabu (19/9/2018).

Ia mengatakan, sebelumnya pada Agustus 2018 yang lalu ada 19 desa yang belum menyetorkan pajak atas penggunaan ADD dan DD.

Berdasarkan kondisi tersebut, lanjut dia, pihaknya bersama jajaran pemerintah daerah Barsel melakukan monitoring ke setiap kecamatan untuk mencari tahu apa kendala pihak desa dalam hal penyetoran pajak dimaksud.

Serta berkoordiansi baik langsung kelapangan maupun dengan camat dienam kecamatan. Alhamdulilah progress setoran pajak ADD dan DD cukup signifikan.

“Karena sampai hari ini 19 desa beserta desa yang lainnya telah menyetorkan pajak atas penggunaan ADD dan DD,” beber dia.

Meski demikian, lanjut dia, berdasarkan data tax ratio atau perbandingan setoran pajak dengan ADD dan DD 2018 masih jauh dibawah Tax Ratio tahun 2017 yakni berkisar 5-7 persen tiap desa.

Oleh karena itu, kepala KPP Pratama Muara Teweh melalui KP2KP Buntok mengimbau kepada pelaksana DD dan ADD pada tahun 2018 ini untuk meningkatkan tax ratio. 

Ia menambahkan, imbauan ini telah disampaiakan kepada dinas terkait yakni Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DSPMPD) dan sekda Barsel. (URIUTU DJAPER/B-5)

Berita Terbaru