Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Membrano Raya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pertengahan Oktober Bagus Untuk Musim Tanam

  • Oleh Andreansyah
  • 19 September 2018 - 18:26 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Iskandar, memprediksi musim kemarau akan berlangsung hingga pertengahan Oktober mendatang.

Untuk itu, para petani di Kobar disarankan memulai masa tanam pada pertengahan Oktober atau berakhirnya musim kemarau.

Kepala BKMG Stasiun Meteorologi Iskandar Pangkalan Bun Slamet Riyadi, Rabu (19/9/2018), mengatakan bahwa musim hujan diprediksi baru tiba menjelang akhir Oktober.

"Kemarau ini sampai pertengahan Oktober. Prediksi kami musim kemarau ini masih ada hujan dengan intensitas ringan dan sedang," kata Slamet. 

Secara rinci, Slamet menyebut bahwa akhir musim kemarau diperkirakan tiba pada 14-15 Oktober. Satu pekan kemudian yakni pada 21 Oktober akan memasuki masa transisi dari kemarau ke musim penghujan. Sehingga pada akhir Oktober intensitas hujan mulai sering.

Ia menyebutkan, informasi cuaca sering ditanya oleh masyarakat terutama para petani. Karena berkaitan dengan masa bercocok tanam. Sejauh ini, kata dia, petani di Kobar masih kebingungan untuk memulai masa cocok tanam. Sebab beberapa waktu lalu sering hujan dan sekarang panas lagi.

"Sesuai dengan prediksi kami, masa tanam bagusnya dilakukan pada pertengahan Oktober atau tepatnya akhir musim kemarau. Sehingga saat tanaman mulai tumbuh, pemenuhan air bisa tercukupi dari hujan," ujarnya.

Jika dilakukan penanaman lebih awal dikhawatirkan malah kekurangan air. "Sehingga saran kami bila ada petani yang berniat untuk bertanam pada September atau awal Oktober, kami sarankan agar tidak dilakukan dulu. Karena kebutuhan airnya masih kurang," sebut Slamet. (Andreansyah/B-3)

Berita Terbaru