Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kobar Diminta Ciptakan Destinasi Wisata Baru

  • Oleh Andreansyah
  • 19 September 2018 - 18:42 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Ketua DPRD Kotawaringin Barat, Triyanto meminta Pemkab bisa menciptakan destinasi wisata baru, sehingga kunjungan wisatawan tidak hanya fokus ke Taman Nasional Tanjung Puting saja. 

Triyanto mengatakan jumlah wisatawan ke Kobar begitu besar setiap tahun, namun yang dikenal para wisatawan hanya TNTP. Wisata lain ada, tapi hanya sebagian kecil saja. 

"Jumlah kunjungan wisatawan yang mencapai puluhan ribu itu bagus. Tapi kebanyakan wisatawan berkunjung ke TNTP saja. Padahal banyak wisata lain," kata Triyanto, Selasa (19/9/2018).

Wisata lain di Kobar seperti Taman Wisata Alam Tanjung Keluang, Gosong Senggora itu kurang diminati karena banyak yang lebih bagus dari Kobar. Maka satu yang harus diciptakan oleh Pemkab Kobar yakni membuat destinasi wisata baru.

"Membuat destinasi wisata baru dengan menerapkan kebudayaan lokal. Ini harus dipikirkan, karena tradisi masyarakat lokal ini selalu berbeda-beda. Maka ini yang bisa dijual kepada wisatawan dengan membuat wisata baru," ujarnya.

Desa Pasir Panjang Kecamatan Arut Selatan ini yang bisa dijadikan tempat wisata baru. Dari segi lokasi sangat strategis, untuk potensi pengembangan wisata sangat memungkinkan. 

"Wisata baru memang harus dikonsep senatural mungkin. Karena wisatawan asing selalu suka yang alami. Ditambah banyak lahan yang luas dan pohon besar di tengah kota. Ini sangat bagus jika ini dikembangkan dalam skala besar," jelasnya.

Sehingga nantinya wisatawan tidak hanya berkunjung ke TNTP saja, tapi  ke kota untuk melihat kearifan lokal disana. Dengan upaya ini membuat wisatawan bisa lebih lama tinggal di Kobar. 

"Cara ini salah satu untuk pengembangan wisata sekaligus perekonomian. Karena perputaran uang tidak terfokus pada satu titik, tapi menyebar di kota. Para wisatawan bisa belanja makanan, tempat pengajian dan sebagainya,"bebernya.

DPRD Kobar bakal terus mendukung program pariwisata. Karena dari wisata Kobar sekarang terus dikenal dengan pariwisatanya.

Sehingga ini harus dikembangkan agar selalu ada yang baru. Sehingga banyak wisatawan yang penasaran dan terus berdatangan ke Bumi Marunting Batu Aji. (ANDRE/B-6) 

Berita Terbaru