Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Fakfak Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

APBD Perubahan Kotim, Kebutuhan Tinggi Sumber Pembiayaan Harus Digali

  • Oleh Naco
  • 19 September 2018 - 17:26 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Fraksi Golkar DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) H Rudianur meminta Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) agar lebih kreatif dalam menggali pendapatan asli daerah (PAD) yang jadi sumber pembiayaan. 

Karena menurut dia sumber pendapatan dalam daerah harus dimaksimalkan. Ini setelah melihat dari komposisi APBD Perubahan Kotim. Dimana besaran pendapatan  jauh tertinggal dari kebutuhan belanja daerah.

Akibat kondisi itu menurut Rudianur dalam struktur APBD Perubahan ini defisit harus mencapai 200 persen dari asumsi APBD Murni lalu. 

"Menurut saya kita jangan hanya fokus terhadap PAD dari sektor yang kecil seperti pedagang kecil, dan sektor kecil lainnya tetapi kita bisa bentuk dan kelola BUMD, di situ mampu meraup pendapatan yang besar," kata dia, Rabu (19/9/2018).

Pemkab juga lanjut dia harus memiliki ketegasan untuk menarik PAD dari objek yang sudah terdata itu . Terlebih selama ini target perolehan PAD yang ditetapkan SOPD masih belum sesuai dengan harapan.

SOPD ada yang sengaja menargetkan perolehan PAD rendah agar bisa dicapai bahkan dilampaui targetnya agar terlihat berhasil atau menjadi sebuah prestasi.

Di sisi lain untuk PAD yang masih  terkendala  dari objek yang masih tidak patuh ia berharap ada  salah satu cara untuk tetap bisa menarik PAD dari pihak tersebut agar mampu ditarik secara maksimal.

"Saya meminta kepada pemerintah daerah untuk melakukan evaluasi untuk capaian target perolehan PAD ini baik di SOPD maupun di tempat lainnya yang jadi tempat menarik PAD," pungkasnya. (NACO/B-5)

Berita Terbaru