Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanah Bumbu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perencanaan Dinilai Justru Jadi Kendala Pembangunan di Kotim?

  • Oleh Naco
  • 19 September 2018 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Muhammad Shaleh  menyebutkan  pelaksanaan pembangunan di Kotim ini sudah berjalan cukup baik.

Meski demikian masih ada titik lemahnya yakni ada di perencanaan yang dilakukan tim teknis. Itu terbukti dari kebanyakan usulan kegiatan ke DPRD tidak disertai dengan perencanaan yang lengkap.

Menurut Shaleh ia sudah amati dan telusuri terkait persoalan itu. Akibatnya lelang proyek itu terkendala hingga harus dilakukan di akhir triwulan.

"Padahal kita minta awal tahun dilakukan pelelangan tetapi karena perencanaan yang tidak beres akibatnya ada yang masuk di triwulan terakhir baru lelang," katanya, Rabu (19/9/2018).

Dari itu ia meminta agar pada APBD Murni 2019 mendatang kelemahan pembangunan itu diperbaiki. Eksekutif mesti matang dalam perencanaan sehingga ketika proses pelaksanaan di APBD tahun berjalan tidak molor. 

"Jangan sampai kebiasaan itu  membuat serapan anggaran tidak maksimal, bahkan berpotensi jadi pergeseran anggaran ketika sudah sampai ke momentum pembahasan APBD Perubahan," tegasnya.

Seperti saat ini pada pembahasan APBD Perubahan menurut dia hampir seluruh SOPD melakukan pergeseran anggaran karena banyak kegiatan yang tidak terlaksana. (NACO/B-5)

Berita Terbaru