Indahnya Air Terjun Batu Mahasur

  • 05 Mei 2014 - 01:40 WIB

KEINDAHAN panorama alam Air Terjun Batu Mahasur memang sangat luar biasa. Tidak heran jika hampir setiap hari banyak masyarakat yang mengunjungi tempat wisata ini. Pantaslah air terjun ini menjadi satu – satunya pusat wisata andalan Kabupaten Gunung Mas (Gumas).

Wisata Air Terjun Batu Mahasur memiliki luas 1, 5 hektare. Dengan hanya mengeluarkan uang Rp2.500 per orang, para pengunjung dapat menikmati keindahan air yang mengalir dari ketinggian sekitar 30 meter. Para pengunjung juga dimanjakan rindangnya pepohonan yang mengelilingi air terjun. Sehingga saat berada di lokasi air terjun terasa sangat sejuk.

Para pengunjung juga bisa mandi dialiran air terjun. Di samping itu para pengunjung juga bisa belajar mengenal pohon. Pasalnya, semua jenis pohon yang ada di kawasan air terjun telah diberi nama sesuai jenis pohon.

Kawasan wisata yang terletak sekitar 1,5 kilo meter dari Kuala Kurun ibu kota Kabupaten Gumas ini uga kerap dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan. Baik oleh pemerintah setempat atau pun kalangan swasta dan masyarakat. Sehingga, Air Terjun Batu Mahasur selalu ramai dikunjungi.

Menurut Ariyandi, penunggu pintu masuk Air Terjun Batu Mahasur, hampir setia hari ada masyarakat yang mengunjungi air terjun. Baik itu perorangan, kelompok atau pun dengan keluarga. Bahkan, ada sebagaian pe-ngunjung yang datang  dari pelosok desa di Gumas.

“Setiap hari memang selalu ada pengunjung. Untuk kunjungan paling banyak biasa­nya pada hari libur. Yaitu Sabtu dan Minggu,” kata Apriyandi saat dibincangi Borneonews, kemarin.

Salah seoarang pengunjung, Ferry mengatakan, panorama Air Terjun Batu Mahasur menjadi salah satu aset berharga milik Gumas. Ia berharap kepada pemerintah supaya terus berupaya melangkapi fasilitas  air terjun. Terutama memperbaiki jalan masuk yang saat ini mengalami kerusakan cukup parah.

(Epra Sentosa/B-7)


TAGS:

Berita Terbaru