Aplikasi Rekapitulasi Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pesimistis Hasil Laboratorium Pencemaran Sungai Sebabi Positif

  • Oleh Naco
  • 20 September 2018 - 11:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dalam waktu dekat Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) akan mengumumkan hasil laboratorium dugaan pencemaran yang menyebabkan ribuan ekor ikan mati di Sungai Seranau, Desa Sebabi, Kecamatan Telawang, Kabupaten Kotim.

Namun banyak pihak pesimistis hasil itu bakal positif. Salah satunya ditegaskan oleh aktivis di Kabupaten Kotim, Gahara, Kamis (20/9/2018). Karena selama ini belum ada sejarah pencemaran yang terjadi hasilnya positif.

Meski demikian Gahara meminta perusahaan sekitar, yang dituduhkan masyarakat setempat yang diduga jadi biangnya PT Sukajadi Sawit Mekar tidak lepas tangan begitu saja dengan masalah itu.

Mereka tetap diminta untuk memenuhi keinginam warga mulai dari membersihkan sungai itu hingga menyalurkan air bersih ke warga setempat melalui CSR-nya.

"Selain itu juga Pemerintah Daerah melalui Dinas Perikanan bisa menyalurkan bibit ikan karena akibat kejadian beberapa waktu lalu itu banyak ikan tambak warga jadi korban seperti warga Desa Sebabi, Tanah Putih dan Runting Tada," kata Gahara.

Karena biar bagaimanapun secara kasat mata di sungai itu sudah tercampur sebagian dengan limbah perusahaan. "Dari itu kami tekankan agar perusahaan jangan merasa hasilnya negatif jadi lepas tangan," tegasnya.

Namun bilamana hasilnya ternyata positif akibat limbah perusahaan ia menegaskan agar ditindak tegas. Termasuk sampai pada pencabutan perizinannya. (NACO/B-5)

Berita Terbaru