Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Morowali Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Bukit Batu Antusias Hadiri Sosialisasi Pencegahan Karhutla

  • Oleh Budi Yulianto
  • 20 September 2018 - 14:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya– Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya kembali menyosialisasikan pencegahan dan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Kali ini sosialisasi digelar di Kecamatan Bukit Batu. Kegiatan itu berlangsung di Aula Kecamatan Bukit Batu, Kamis (20/9/2018).

Puluhan warga antusias mendengarkan paparan materi yang disampaikan empat narasumber. Baik dari BPBD, kepolisian, TNI, maupun BMKG.

Kepala Bidang Manajemen Bencana dan Kebakaran BPBD Kota Palangka Raya Emi Abriyani mengatakan, sosialisasi itu bertujuan untuk memberikan pemahaman sekaligus mengingatkan masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan.

Ia menuturkan, dalam aturan sudah jelas bahwa seseorang dilarang melakukan pembakaran termasuk membuka lahan dengan cara dibakar. “Jaga lahan masing-masing supaya tidak ada karhutla,” kata Emi.

Emi menambahkan, dirinya sempat mendapat usulan dari warga supaya bisa membakar dengan cara aman. Yakni melapor ke RT, lurah, dan camat. Berikutnya dibakar secara bertahap, sedikit demi sedikit.

Namun, lanjut Emi, di musim kemarau seperti saat ini, warga tetap tidak boleh membakar hutan dan lahan.

Selain Emi, pemateri lain dalam sosialisasi itu yakni Pasi Intel Kodim 1016/Plk Lettu Inf Hari Utomo dan Kanit Reskrim Polsek Bukit Batu Ipda Kartua. (BUDI YULIANTO/B-3)

Berita Terbaru