Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Dumai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kotawaringin Timur Didesak Segera Lantik Kepala Dinas

  • Oleh Naco
  • 20 September 2018 - 16:36 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Fraksi PAN-Nasdem DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Muhammad Shaleh mendesak agar Bupati setempat segera melantik kepala dinas definitif serta jabatan eselon II lainnya.

"Harus segera dilakukan pelantikan terutama yang masih dijabat oleh pelaksana tugas.  Pelantikan dan pengukuhan pejabat tersebut harus dilakukan sebelum pembahasan RAPBD  murni 2019 di DPRD Kotim," kata Shaleh, Kamis (20/9/2018).

Kepada Bupati Kotim ia meminta hendaknya tidak menunda-nunda pelantikan itu, karena dengan kekosongan pejabat definitif itu akan berdampak kurang baik bagi pembahsan APBD 2019 mendatang. 

Program yang diusulkan mesti ada penangung jawab yang dijabat oleh pejabay defenitif. Terutama yang masih Plt baik itu kadis maupun kabid, mereka harus segera dilantik.

"Kita tidak paham alasan beberapa kali penundaaan pelantikan itu. Padahal lelang jabatan sudah dilaksanakan hanya sekarang tinggal penjadwalan pelantikan oleh kepala daerah," kata dia.

Shaleh beranggapan dengan  berlama-lamanya jabatan Plt itu berdampak kurang baik kepada kinerja SOPD itu. Sebab ada hal-hal yang prinSip tidak bisa dilaksanakan oleh jabatan Plt. 

Maka dari itu dengan menunda pelantikan ini sama saja menghambat kinerja diinternal SOPD itu sendiri. Maka dari itu untuk APBD murni 2019 wajib ada kepala SOPD definitif , ini  dalam rangka menuntut  pelaksanaan program yang maksimal. 

Ketika nantinya masuk tahun APBD berjalan maka DPRD juga akan mudah dalam mengawasi hingga menegur SOPD yang dianggap tidak sesuai dengan kesepakatan dalam perda APBD.

Sebelumnya, kepada pers Bupati Kotim Supian Hadi menyatakan pihaknya akan melantik pejabat pada 27 September 2018 ini. (NACO/B-5)

Berita Terbaru