Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sijunjung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DKPP Sebut Fasilitas Penunjang Rumah Potong Unggas Belum Lengkap

  • Oleh Testi Priscilla
  • 22 September 2018 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Palangka Raya menyebut, fasilitas penunjang rumah potong unggas (RPU) yang berada di Kalampangan masih belum lengkap.

"Memang sudah sejak tahun 2017 yang lalu Pemerintah Kota (Pemko) melalui DKPP membangun rumah potong unggas (RPU) di Kalampangan, tapi sampai sekarang kita belum bisa melengkapi fasilitas penunjangnya," kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Masyarakat Verteriner (Kesmavet), DKPP Kota Palangka Raya, Sumardi, Sabtu (22/9/2018).

Tujuan pembangunan RPU yang mengambil lokasi di Kelurahan Kalampangan tersebut ialah sebagai pusat pemotongan unggas yang terjamin kesehatannya di Kota Cantik. 

"Luasan lokasi pembangunan RPU itu seluas 6 hektare. Nantimya akan dimanfaatkan guna membangun sarana pelengkap RPU itu. Tapi kalau sekarang bangunan utamanya sudah selesai, bahkan sejak tahun 2017 lalu," jelasnya.

Meski bangunan utama telah selesai,namun fasilitas lainnya seperti bangunan kandang penampungan, barak pekerja atau karyawan pemotong unggas, dan peralatan penunjang pemotongan belum bisa dilakukan.

"Tersendatnya pembangunan sejumlah fasilitas pendukung maupun peralatan penunjang di RPU ini lebih karena anggaran untuk kelanjutan pembangunan belum tersedia," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru