Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tidore Kepulauan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perlengkapan Fasilitas Rumah Potong Unggas Terkendala Anggaran

  • Oleh Testi Priscilla
  • 22 September 2018 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Meski bangunan utama rumah potong unggas (RPU) Palangka Raya telah selesai, perlengkapan fasilitas lainnya seperti bangunan kandang penampungan, barak pekerja atau karyawan pemotong unggas, dan peralatan penunjang pemotongan belum bisa dipenuhi karena terkendala anggaran.

"Tersendatnya pembangunan sejumlah fasilitas pendukung maupun peralatan penunjang di RPU ini lebih karena anggaran untuk kelanjutan pembangunan belum tersedia," kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Masyarakat Verteriner (Kesmavet), DKPP Kota Palangka Raya, Sumardi, Sabtu (22/9/2018).

Menurut Sumardi, Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya saat ini sedang mengalami defisit anggaran. "Memang untuk alokasi anggaran pembangunan RPU sudah diajukan tapi sekarang masih pada tingkat pembahasan antara legislatif dan eksekutif karena Pemko sedang defisit anggaran," bebernya.

Selama ini, lanjutnya, Palangka Raya hanya memiliki rumah potong hewan (RPH) khusus untuk sapi dan kambing. Sedangkan untuk RPU khusus ayam, bebek, kalkun, angsa, burung dara dan burung puyuh masih belum tersedia sehingga dalam penyembelihannya masih dilakukan di kawasan perumahan atau pemukiman para pengelola saja.

"Pemotongan unggas di area pemukiman tentu yang dikhawatirkan adalah dampaknya, baik dari sisi kesehatan maupun limbah. Dalam artian sulit diukur kelayakan kesehatan unggasnya. Makanya kita menyadari betul bahwa keberadaan RPU ini sangat ditunggu oleh masyarakat," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-2)

Berita Terbaru