Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ogan Ilir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Limbah Pemotongan Unggas Selama Ini Tidak Tersistem

  • Oleh Testi Priscilla
  • 22 September 2018 - 17:16 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Limbah pemotongan unggas selama ini tidak tersistem, karena baru tahun 2017 lalu dibangun rumah potong unggas. Sebelumnya di Palangka Raya hanya memiliki rumah potong hewan (RPH) khusus untuk sapi dan kambing.

"Untuk RPU khusus ayam, bebek, kalkun, angsa, burung dara dan burung puyuh kita masih belum tersedia. Walaupun sudah selesai pembangunannya tahun 2017 lalu tapi fasilitas pendukungnya belum lengkap," kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Masyarakat Verteriner (Kesmavet), DKPP Kota Palangka Raya, Sumardi, Sabtu (22/9/2018).

Karenanya, kata Sumardi, selama ini dalam penyembelihannya masih dilakukan di kawasan perumahan atau pemukiman para pengelola saja.

"Pemotongan unggas di area pemukiman tentu yang dikhawatirkan adalah dampaknya, baik dari sisi kesehatan maupun limbah. Dalam artian sulit diukur kelayakan kesehatan unggasnya," jelas Sumardi.

Sementara jika dilakukan di RPU, menurut Sumardi, maka instalasi pembuangan air limbah (IPAL) sudah tersistem. "Selain itu pemeriksaan kelayakan unggas sebelum diperjualbelikan ke masyarakat juga akan selalu dicek oleh petugas," pungkasnya. (TESTI PRISCILLA/B-2)

Berita Terbaru