Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pulau Taliabu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Beberapa Hari Tanpa Hujan, Lahan di Sampit Kembali Terbakar

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 25 September 2018 - 14:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Beberapa hari tanpa hujan, kebakaran lahan kembali terjadi di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Lahan gambut seluas hampir satu hektare di Jalan MT Haryono Barat, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, hangus terbakar.

Hingga saat ini api masih berkobar dan terus meluas. Tim satuan tugas kebakaran hutan dan lahan (Satgas Karhutla) terus berjibaku melakukan pemadaman. Bahkan, petugas sempat memadamkan dengan kayu sembari menunggu kedatangan bantuan mobil pemadam. 

Kebakaran terjadi sekitar pukul 10.30 WIB. Namun hingga saat ini api terus berkobar dan pemadaman terus dilakukan. 

"Kami terus berupaya melakukan pemadaman lebih dulu, dengan dua buah truk pemadam kebakaran dan juga mesin portable," ujar Kabag Ops Polres Kotim AKP Boni Arifianto, saat berada di tempat kejadian, Selasa (25/9/2018). 

Lahan yang terbakar tersebut diduga milik masyarakat, karena sebagian sudah ditebas dan rumput sudah kering. Sehinga ada dugaan bahwa lahan tersebut dibakar. 

Apalagi di lahan itu juga sudah ada kaplingan dari para pemilik. Sehingga bisa dikatakan bahwa lahan tersebut sengaja dibakar. 

Hingga berita ini ditulis, api masih berkobar dan semakin besar. Para petugas pun tidak bisa berbuat banyak, karena angin kencang dan cuaca panas menjadi salah satu faktor api terus membesar. (MUHAMMAD HAMIM/B-2) 

Berita Terbaru