Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Padang Pariaman Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sebanyak 1.104 Pemilih Pemula di Barito Selatan Belum Lakukan Perekaman KTP-el

  • Oleh Uriutu
  • 26 September 2018 - 13:10 WIB

BORNEONEW, Buntok – Berdasarkan data dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Barito Selatan sebanyak 1.104 pelajar atau pemilih pemula belum melakukan perekaman kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el).

Kepala Disdukcapil Barsel Nyamei Tumbai mengatakan, dari total 1.600 pelajar atau pemilih pemula yang berusia 17 tahun sampai hari H pemilu 17 April 2019, baru 496 siswa siswi yang telah melakukan perekaman.

“Artinya masih tersisa 1.104 pelajar yang belum melakukan perekaman di lima kecamatan,” kata Nyamei Tumbai kepada Borneonews, Rabu (26/9/2018).

Ia membeberkan, untuk para pelajar di Kecamatan  Dusun Selatan semuanya sudah dilakukan perekaman. Sementara di Kecamatan Dusun Hilir, Karau Kuala, Jenamas, Gunung Bintang Awai (GBA) dan Kecamatan Dusun Utara belum melakukan perekaman.

Meski gelaran Pemilu 2019 masih cukup lama, lanjut dia, tentunya persoalan ini menjadi perhatian. Sebab, dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) yang bisa menggunakan hak pilihnya adalah yang sudah melakukan perekaman e-KTP.

“Karena dalam PKPU menggunakan surat keterangan tidak berlaku lagi pada saat pemilu. Berbeda dengan pilkada kemarin yang boleh menggunakan suket,” jelas dia. 

Ia menambahkan, pihaknya optimis para pelajar yang berusia 17 tahun saat hari H Pilpres nanti semuanya bisa terekam karena masih banyak waktu untuk menyisir ke setiap sekolah. (URIUTU DJAPER/B-2)

Berita Terbaru