Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sintang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Setelah Dikepung Selama 10 Jam Satu Pencuri Sarang Walet Bersenjata Berhasil Dibekuk

  • 26 September 2018 - 13:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Setelah dikepung kurang lebih selama 10 jam, akhirnya satu pelaku pencurian sarang walet di Jalan Cilik Riwut, Desa Patai, Kecamatan Cempaga, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Rabu (26/9/2018), berhasil dibekuk polisi.

"Satu orang pelaku sudah kami amankan. Sekarang masih kami interogasi," ucap Kasatreskrim Polres Kotim AKP Wiwin Junianto Supriyadi singkat mewakili Kapolres Kotim AKBP Mohammad Rommel.

Terpisah, pemilik gedung sarang walet, Hasan mengatakan, ia mengetahui adanya komplotan pada Rabu sekitar pukul 02.15 dini hari. Saat itu ia sedang terbangun dari tidur dan langsung memeriksa sekitar rumah. Ia melihat ada kejanggalan di salah satu gedung sarang waletnya.

"Gedung sarang walet saya ada tiga. Gedung yang berada di tengah lampu nya dalam keadaan mati, sementara kanan kiri nya masih hidup. Dan saat itu saya mendengar adanya suara orang berjalan," kata Hasan saat dibincangi Borneonews.co.id di lokasi kejadian.

Hasan curiga jika gedungnya itu disatroni kawanan maling. Ia pun langsung memanggil warga sekitar untuk mengepung gedung walet itu dan melaporkan kejadian itu ke Polsek Cempaga. Warga beserta aparat masuk ke dalam gedung itu.

"Kami masuk sekitar 10 orang. Delapan orang warga dan 2 orang anggota polisi. Sampai di dalam saya ketemu dengan salah seorang pelaku yang membawa senjata api jenis pistol. Saya sempat ditodong, namun saya mencoba berbicara dengan pelaku sambil jalan mundur dan langsung lari naik ke lantai 5 untuk menyelamatkan diri," jelasnya.

Pelaku sempat melepaskan tembakan dan beruntung tidak mengenai satu orang pun yang ada di dalam gedung itu. Warga beserta aparat pun mundur teratur keluar gedung. Setibanya filuar, anggita Polsek Cempaga meminta pertolongan kepada tim Resmob Polres Kotim.

Beberapa jam berselang, sekitar pukul 10.00 wib, puluhan tim Resmob Polres Kotim bersenjata lengkap tiba di TKP. Petugas langsung masuk kegedung untuk menangkap pelaku. Satu orang pelaku berbadan kurus pendek berkulit putih berhasil ditangkap sekitar pukul 12.00 wib.

Selanjutnya, aparat kembali menyisir dua gedung sarang walet lainnya dan tidak menemukan pelaku lain. Pelaku berjenis kelamin laki-laki itu pun dibawa ke Polsek Cempaga untuk di interogasi. (ACHMAD SYIHBAUDDIN/B-5)

Berita Terbaru