Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Malang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Karhutla Landa Wilayah Kecamatan Sabangau

  • Oleh Budi Yulianto
  • 26 September 2018 - 23:02 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) melanda wilayah Kecamatan Sabangau, Kota Palangka Raya sejak Senin (24/9/2018).

Meski sudah ada upaya pemadaman dari tim gabungan, tapi kepulan asap masih terjadi hingga Rabu (26/9/2018). Ini karena lahan yang terbakar merupakan gambut dengan ketebalan lebih dari 1 meter.

Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul Rein Krisman Siregar melalui Kapolsek Sebangau Ipda Yusuf Priyo mengatakan mulanya kebakaran diketahui setelah melakukan patroli dari jalur udara.

Tim gabungan terdiri atas TNI, Polri, BPBD, dan Manggala Agni melakukan pemadaman. "Kita sudah melakukan pemadaman. Tapi api kembali menyala. Makanya kembali kita lakukan pendinginan," kata kapolsek didampingi Danramil 1019-01 Mayor Inf Heru Widodo.

Pihaknya masih menyelidiki penyebab terjadinya kebakaran tersebut. Diduga api berasal dari lahan milik salah seorang warga.

Di hari yang sama petugas BPBD Kota Palangka Raya memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam kegiatan sosialisasi pencegahan dan penanggulangan Karhutla.

Sosialisasi ini berlangsung di aula kecamatan setempat dengan pemateri dari TNI, Polri dan pihak BPBD. (BUDI YULIANTO/B-6)

Berita Terbaru