Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Pasuruan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kasongan Mulai Diselimuti Kabut Asap

  • Oleh Abdul Gofur
  • 27 September 2018 - 12:00 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Kota Kasongan Kabupaten Katingan sejak tiga hari terakhir mulai diselimuti asap. Akibat kabut asap ini, aktivitas  warga mulai terganggu. Kabut asap yang mulai menyelimuti Kasongan dan sekitarnya ini juga mengganggu jarak pandang.

Menurut pantauan borneonews.co.id, Kamis (27/9/2018), jarak pandang di sekitar Jembatan Sei Katingan ke arah Selatan atau Kampung Banjar kini tidak lebih dari 500 meter.

Kabut asap ini juga membuat sejumlah warga Kasongan mengenakan penutup wajah atau masker. "Saya kena flu mungkin juga dari kabut asap yang sejak beberapa hari ini terjadi di Kasongan," ujar Andi, warga Kasongan.

Leman, warga Kasongan lainnya juga mengeluhkan kabut asap yang mulai menyelimuti Kota Kasongan ini. "Khawatir aja kalau kabut bertambah tebal, sebab anak saya masih bayi takut terkena penyakit pernapasan," katanya.

Sementara itu, jajaran Polres Katingan telah melakukan pengecekan di lapangan terkait lahan terbakar di Desa Hampalit sekitar 6 Km dari Mapolres Katingan kemarin.

"Luasan lahan yang terbakar itu sekitar lima hektare dan sudah kita beri garis polisi oleh Kasatreskrim beserta anggota untuk dilakukan penyelidikan," kata Kapolres Katingan AKBP E Dharma B Ginting.

Selain dari wilayah Katingan, kabut asap yang sejak tiga hari terakhir menyelimuti Kota Hijau, julukan Kasongan, ini diduga berasal dari daerah lain seperti Palangka Raya dan Sampit. (ABDUL GOFUR/B-2)

Berita Terbaru