Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Musim Hujan di Kotawaringin Timur Diprediksi Segera Tiba

  • 27 September 2018 - 19:32 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Musim hujan diprediksi akan melanda wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Kalimantan Tengah, pada Oktober mendatang. Dan diawali dengan masa transansi atau pancaroba.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara H Asan Sampit Nur Setiawan, Kamis (27/9/2018), mengatakan, berdasarkan prakiraan pihaknya, musim hujan akan dimulai pada 10 hari terakhir bulan Oktober.

Sementara sebelumnya, sudah memasuki masa transasi atau 3 dasarian Oktober. Dekade atau dasarian yakni rentang waktu selama 10 hari.

"Musim seperti ini pasti terjadi di setiap peralihan. Bisa dari kemarau ke penghujan atau sebaliknya," ucap Nur.

Dia menjelaskan, awal musim hujan ditetapkan berdasarkan jumlah curah hujan dalam I dasarian (10 hari) sama atau lebih dari 50 milimeter dan diikuti oleh II dasarian berikutnya. Permulaan musim hujan bisa terjadi lebih awal, sama atau lebih lambat dari normalnya.

Prediksinya, curah hujan dasarian III di seputaran Kecamatan Antang Kalang, Baamang bagian utara dan selatan, Bukit Santuai, Cempaga, Cempaga Hulu, Kota Besi, Mentawa Baru Ketapang, Mentaya Hilir Selatan, Mentaya Hilir Utara, Mentaya Hulu, Parenggean, Pulau Hanaut, Seranau, Telaga Antang, Telawang, Teluk Sampit dan Tualan Hulu. (EKA YUSSRONA/B-11)

Berita Terbaru