Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rejang Lebong Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jarak Pandang Terendah Akibat Kabut Asap 100 Meter

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 28 September 2018 - 09:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Akibat kabut asap, jarak pandang terendah di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) pada Jumat (28/9/2018) pagi, 100 meter.

"Jarak pandang pagi ini terendah sejauh 100 meter," ujar Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara H Asan Sampit, Nur Setiawan, Jumat (28/9/2018).

Menurutnya, dengan jarak pandang 100 meter, pandangan masyarakat belum terlalu terganggu. "Namun tetap harus berhati-hati, dan tentunya lampu kendaraan harus dihidupkan agar bisa terlihat oleh pengendara lainnya," kata Setiawan.

Jarak pandang mulai membaik dan kabut berangsur hilang dimulai sejak pukul 07.00 WIB hingga 07.30 WIB. Angin mulai bertiup hingga menghapuskan kabut tersebut.

Sementara dari pantauan Borneonews.co.id, beberapa titik jalan di Sampit kabut asapnya cukup tebal. Seperti di Jalan Pramuka, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, dengan jarak pandang diperkirakan di bawah 50 meter. Hal itu membuat para pengendara yang melintas mengurangi kecepatannya.

Selain jarak pandang, yang menjadi keluhan masyarakat yakni bau menyengat dari asap yang berasal dari kebakaran lahan yang terjadi dalam beberapa hari terakhir. (MUHAMMAD HAMIM/B-2)

Berita Terbaru