Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lamongan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Potensi Kabut Asap Diperkirakan Terjadi Beberapa Hari Ke Depan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 28 September 2018 - 11:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara H Asan Sampit Nur Setiawan mengungkapkan, potensi kabut asap di Sampit diperkirakan terjadi dalam beberapa hari ke depan. 

"Dari pantauan kami, potensi kabut asap masih akan terjadi dalam beberapa hari ke depan," ujar Kepala BMKG Bandara H Asan Sampit Nur Setiawan, Jumat (28/9/2018). 

Perkiraan tersebut dilihat dari kejadian kebakaran lahan di Kotim saat ini. Dimana potensi kebakaran lahan masih cukup tinggi di daerah ini. Sehingga hal itu sangat bersentuhan langsung dengan kabut asap yang akan muncul. Terutama ketika malam dan pagi hari. Saat angin tidak terlalu berhembus di daerah ini. 

"Selagi kebakaran lahan masih terjadi di Kotim, kemungkinan besar kabut masih akan menyelimuti Sampit di pagi hari," ungkap Setiawan. 

Sementara itu, dalam beberapa hari terakhir, kebakaran terus melanda di Kotim. Terutama di wilayah Sampit dan juga Selatan. Bahkan dalam sehari bisa mencapai empat titik terjadinya kebakaran lahan. 

Seperti pada Rabu (26/9/2018), setidaknya ada empat kejadian kebakaran lahan. Bahkan seperti di Jalan Pramuka hingga Kamis (27/9/2018) kepulan asap masih membakar di daerah tersebut. Sehingga kemungkinan besar kabut asap yang terjadi akibat banyaknya kejadian kebakaran lahan. (MUHAMMAD HAMIM/B-2) 

Berita Terbaru