Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pesisir Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BMKG: 52 Titik Panas Terpantau di Kotawaringin Timur

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 28 September 2018 - 16:26 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sebanyak 52 titik panas (hotspot) terpantau Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara H Asan Sampit, di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Jumat (28/9/2018). 

"Dari pantauan kami, hari ini ada 52 titik hotspot terpantau di Kotim," kata Kepala BMKG Bandara H Asan Sampit, Nur Setiawan. 

Titik tersebut tersebar di beberapa kecamatan yang ada di Kotim. Mulai dari wilayah utara, tengah, hingga selatan. Ada yang 100%, dan 50%. Sehingga kemungkinan besar di titik tersebut terjadi kebakaran lahan. 

Sementara dari pantauan tersebut, di bagian tengah dan selatan merupakan salah satu wilayah yang banyak terpantau titik panas. 

"Kemungkinan cuaca panas ini akan terjadi dalam beberapa hari ke depan. Saat ini memang belum masuk dalam musim hujan," kata Setiawan. 

Selain itu, fluktasi perubahan temperature suhu udara saat ini juga cukup signifikan di Kotim. Saat dini hari hingga subuh, temperatur udara terasa lebih dingin dari biasanya. Kemudian, pada tengah hari temperatur udara terasa sangat panas. 

"Temperatur udara pada pagi hari berada di kisaran 21 derajat celcius. Biasanya, hanya sekitar 25 derajat celcius," kata Setiawan. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru