Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Belu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peningkatan DAK Diharap Dukung Pembangunan Kesehatan Barito Utara

  • Oleh Ramadani
  • 28 September 2018 - 18:46 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Tahun ini Pemerintah mengalokasikan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk bidang kesehatan sebesar Rp37,4 miliar terdiri dari DAK fisik Rp22,7 miliar dan DAK non fisik Rp14,7 miliar.

Sesuai Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, pada Pasal 298 ayat (7) menyebutkan belanja DAK diprioritaskan untuk mendanai kegiatan fisik dan dapat digunakan untuk kegiatan non fisik.

Plt Kadis Kesehatan Barito Utara, Siswandoyo mengatakan dengan meningkatnya anggaran DAK bidang kesehatan ini diharapkan dapat mendukung pembangunan kesehatan di daerah yang sinergis dengan prioritas nasional.

“Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan antara pemerintah pusat dan daerah mengamanatkan DAK sebagai salah satu sumber pembiayaan bagi daerah dalam pelaksanaan desentralisasi di antaranya untuk meningkatkan pembangunan kesehatan,” kata Siswandoyo, Jumat (28/9/2018)

Sehingga pemerintah baik pemerintah pusat maupun daerah dapat menyediakan pelayanan kesehatan yang merata, terjangkau dan berkualitas.

Dia juga menjelaskan dalam rangka mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya diselenggarakan upaya kesehatan perorangan dan upaya kesehatan masyarakat.

"Dengan pendekatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif secara terpadu, menyeluruh, dan berkesinambungan,” imbuhnya. 

Menurutnya, pembangunan kesehatan merupakan bagian dari pembangunan nasional dalam rangka mewujudkan visi misi Presiden dan implementasi Nawa Cita yang kelima yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru