Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Palangka Raya Disambut Kabut Asap di Dua Pagi Oktober

  • Oleh Testi Priscilla
  • 02 Oktober 2018 - 08:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Warga Kota Palangka Raya disambut kabut asap pada dua pagi pertama di bulan Oktober 2018 ini. Kemarin dan hari ini (02/10/2018) kabut asap telah tampak sejak pagi hari. Seperti hari ini, kondisi Kota Cantik seperti pukul 5 pagi padahal sudah pukul 6.30 WIB. Ini karena sinar matahari tertutup kabut asap sehingga penampakan hari tidak seperti seharusnya.

Jarak pandang juga berkurang. Jika seminggu sebelumnya kabut asap hanya tipis-tipis, sejak 1 Oktober kemarin jarak pandang hanya 800 meter hingga 1,5 kilometer dengan jumlah titik panas mencapai 105 titik di Kalimantan Tengah.

"Kabut asap sudah tercium sejak pagi tadi. Baunya cukup menyengat hingga masuk ke dalam rumah. Padahal saya kondisi sedang hamil dan punya anak kecil umur 2 tahun juga. Kami pakai AC, jadi masih bisa bertahan tapi semoga tidak semakin parah," kata Marini, warga Jalan Tingang, Kota Palangka Raya.

Sementara itu Agung, warga di Jalan Simpei Karuhei V mengaku tidak berani membawa anaknya berjalan-jalan di luar rumah dua hari ini.

"Biasanya saya ajak anak saya jalan-jalan keliling komplek kalau pagi tapi dua hari ini tidak berani. Tadi pagi saya juga kaget saat tahu anak saya dibawa Neneknya ke luar karena di dalam rumah rewel. Setelah itu saya ajak masuk lagi. Takut ada permasalahan di pernapasannya kalau dipaksanakan jalan-jalan di dalam kabut asap, umur anak saya belum 2 tahun," kata Agung.

Pantauan borneonews, kabut asap menyelimuti Kota Palangka Raya di seluruh wilayah. Sejak seminggu lalu kabut asap sudah memasuki permukiman warga namun hanya di beberapa wilayah terutama yang di garis ujung kota seperti Yos Sudarso Ujung, Tingang, Kereng Bangkirai.

Di sepanjang jalan pun tampak beberapa warga yang menggunakan masker saat berkendara maupun berjalan kaki. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru