Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Sibolga Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bimbingan Ibadah Haji di Kalteng Perlu Diperbaiki

  • Oleh Budi Yulianto
  • 02 Oktober 2018 - 23:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pelaksanaan ibadah haji di Kalimantan Tengah mendapat perhatian dari jajaran Dewan Perwailan Daerah (DPD) RI.

Beragam persoalan terkuak begitu rombongan Komite III DPD RI berkunjung sekaligus bertatap muka bersama pihak terkait di Aula Asrama Haji, Jalan G Obos, Kota Palangka Raya, Selasa (2/10/2018). 

Ada dari perwakilan Kemenag, Dinas Perhubungan, bandara, dan sejumlah instansi terkait lainnya. Kunjungan tersebut dalam rangka pengawasan penyelenggaraan ibadah haji.

"Tadi beberapa hal mendasar yang disampaikan, terkait penyelenggara haji di Kalteng. Mulai dari masalah x-ray, kesehatan, petugas bimbingan haji dan fasilitas di asrama haji. Semua sudah kami catat," kata Wakil Ketua Komite III DPD RI, Delis Julkarson Hehi didampingi anggota asal Kalteng, Muhammad Rakhman. 

Menurutnya, yang pertama perlu diperbaiki adalah terkait bimbingan haji. Sebab, secara teknis di lapangan baik keberangkatan maupun pelaksanaan haji, banyak kendala yang dialami. 

Selain itu, dalam pertemuan tersebut juga diusulkan untuk meningkatkan Bandara Tjilik Riwut menjadi Bandara Internasional.

"Sehingga kalau sudah Bandara Internasional, nanti tidak lagi embarkasi antara tapi embarkasi langsung," ungkapnya. 

Masih menurutnya, penyelenggaraan ibadah haji di Kalteng sebenarnya sudah baik. Mengenai persoalan tersebut, lanjutnya, juga sama dirasakan dengan daerah lain. Meski demikian, pihaknya akan memperjuangkan hal itu ke pusat. 

"Kami akan mengawal ini ke kementerian dan menanyakan langsung. Makanya yang kami butuhkan adalah surat permohonan dari instansi di sini, untuk memfollow-up," tuturnya. (BUDI YULIANTO/B-3)

Berita Terbaru