Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Sulawesi Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengurus Majelis Agama Hindu Indonesia Silaturahmi ke Bupati Murung Raya Jelaskan Agama Kaharingan

  • Oleh Trisno
  • 03 Oktober 2018 - 07:00 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Majelis Agama Hindu Indonesia (MAKI) Pusat bersilaturahmi ke Bupati Murung Raya (Mura) Perdie sekaligus menyampaikan penjelasan terkait perkembangan agama Kaharingan.

Menurut Ketua MAKI Pusat, Suel, kedatangan pihaknya dalam rangka bersilaturahmi sekaligus menyampaikan keinginan agar pemerintah mendukung keberadaan MAKI.

Saat ini berdasarkan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) agama Kaharingan telah diakui sebagai agama di Kalimantan dan tidak lagi bergabung dengan agama Hindu Kaharingan.

"Ini harus kami sosialisasikan tidak hanya ke masyarakat namun ke pemerintah agar diketahui dan agama Kaharingan dapat tempat yang sejajar khususnya perhatian dari pemerintah,” tuturnya dalam silaturahmi yang berlangsung kemarin tersebut.

Menurut Suel, saat ini banyak kesalahan yang terjadi terkait agama Kaharingan yang dianggap satu dengan agama Hindu. Padahal jelas agama Kaharingan adalah agama sendiri dan tidak boleh digabungkan.

Termasuk banyak siswa ataupun mahasiswa yang sebenarnya beragama Kaharingan namun harus mengikuti pelajaran agama Hindu, yang tentunya bagi MAKI ke depan harus ubah.

“Kami dari MAKI akan berupaya memajukan agama Kaharingan, membenahi dan berjuang agar Kaharingan menjadi agama yang mendapat perhatian dan mendapat pengakuan. Kami berharap pemerintah mendukung apa yang kami perjuangkan,” tuturnya.

Bupati Mura saat menerima kedatangan MAKI di ruangannya menyambut baik atas niat silaturahmi sekaligus menyampaikan masukan dan aspirasi.

“Apa yang disampaikan tentu sangat baik dan positif terkait dengan keberadaan agama Kaharingan. Banyak masukan saran yang kami anggap positif dan bisa mendapat respon pemerintah,” tutur Bupati. (TRISNO/B-5)

Berita Terbaru